Cara Terhindar Virus Corona, Ini Kata Kapolresta Barelang
BATAM – Kapolresta Barelang Kombes Pol Prasetyo Rachmat Purboyo, SIK, MH, disela apel pagi meminta seluruh anggota untuk mewaspadai adanya penyebaran virus Novel Coronavirus... Cara Terhindar Virus Corona, Ini Kata Kapolresta Barelang

BATAM – Kapolresta Barelang Kombes Pol Prasetyo Rachmat Purboyo, SIK, MH, disela apel pagi meminta seluruh anggota untuk mewaspadai adanya penyebaran virus Novel Coronavirus (2019-nCov) atau yang lebih mudah disebut dengan virus corona. Yang mana, virus ini belum ada obatnya.

Virus corona diketahui mulai menyebar pada akhir tahun 2019 yang lalu, blm genap sebulan disinyalir telah menjangkiti lebih dari 1.300 orang. 41 orang di China meninggal dunia akibat virus ini. “Virus ini juga telah menyebar ke 12 Negara. Alhamdulillah Batam masih aman hingga saat ini,” kata Prasetyo.

Kapolresta Barelang mengajak agar anggota  terhindar dari virus corona lakukan  hal sebagai berikut, mencuci tangan setelah beraktifitas, gunakan masker saat batuk atau pilek dan segera ke dokter, Komsumsi gizi seimbang, rajin berolah raga, hindari komsumsi daging yang tidak masak, berhati-hati melakukan kontak dengan hewan, hindari kontak dengan penderita ISPA dan istirahat cukup.

“Kepada anggota yang dilapangan khususnya di Pelabuhan Batam Center, Harborbay, Sekupang serta Bandara hang nadim, agar membantu petugas terkait untuk mengawasi keluar masuknya wisman, khususnya yang belakangan berkunjung ke Negara China. Bantu awasi pemantauan termal scenner (alat pendeteksi suhu tubuh) serta melaporkan kepada pimpinan jika ditemukan orang yang terdeteksi  gejala virus corona,” himbaunya.

Kapolresta juga menyampaikan, anggota harus bisa menyampaikan kepada masyarakat sehubungan dengan penularan virus corona, jangan sampai¬†¬† menimbulkan keresahan di tengah masyakat. “Mari kita selalu berdo’a semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa agar melindungi kita dan virus Corona tidak masuk ke Negara kita,” tuturnya.

Dengan adanya wabah virus corona, pihak Polda Kepri telah membentuk Satgas Penanggulangan penyebaran virus Corona sebagai lending sektor Kabid Dokkes Polda Kepri Kombes Pol. Dr. Mohammad Haris. Masyarakat diharapkan melaporkan jika mengetahui ada orang yang terjangkit penyakit ini.

Perlu diketahui bersama bahwa Batam merupakan salah satu kota tempat wisman termasuk dari China. Wisatawan asing masuk dan keluar dari Kota Batam. Mengingat virus tersebut berasal dari Wuhan China dan Batam sendiri populasi suku Tionghua (china) cukup besar, sehingga pada perayaan Imlek tahun ini tidak menutup kemungkinan ada dari mereka ada yang pergi mengunjungi keluarga maupun hanya sekedar wisata ke Negeri China dan pulang bisa jadi mengajak famili maupun rekanan ke Indonesia, agar jajaran terkait mewasdai hal dimaksud.

Min Reskrim