HIMBAUAN KESELAMATAN PENUMPANG PANCUNG DI PELABUHAN RAKYAT SAGULUNG

SAGULUNG – Polsek Sagulung kembali memberikan himbauan keselamatan penumpang kapal pancung di pelabuhan rakyat Sagulung. Himbauan keselamatan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Sagulung, AKP Riyanto, SH dan diikuti oleh sembilan personel Polsek Sagulung, Selasa (12/11/2019) sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam kegiatan tersebut, kurang lebih 50 pengemudi kapal pancung beserta masyarakat sekitar dan para penumpang kapal pancung hadir. Himbauan keselamatan ini dilakukan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam transportasi laut.

“Pada saat menggunakan transportasi laut kapal pancung, semuanya wajib menggunakan Life Jacket untuk melindungi keselamatan bersama. Baik keselamatan penumpang maupun pengemudi,” kata Riyanto saat memberikan himbauan.

Personel Polsek Sagulung memasangkan life jacket pada murid sekolah penumpang pancung

Hal tersebut untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Jika seandainya terjadi kecelakaan laut oleh kapal pancung, penumpang yang jatuh ke laut akan mudah terselamatkan. “Itu apabila menggunakan life jacket,” ujarnya.

Namun apabila tidak menggunakan life jacket saat terjadi kecelakaan, penumpang akan susah diselamatkan. Bahkan bisa menyebabkan korban jiwa. “Apabila ini yang terjadi maka, si pengemudi harus mempertanggung jawabkan secara hukum akibat kelalaiannya. Sehingga menyebabkan adanya korban jiwa. Jangan sampai ini terjadi,” harapnya.

Himbauan Riyanto diperhatikan dan didengarkan dengan sangat baik oleh para pengemudi dan penumpang kapal pancung. Hal ini nampak dari antusias pengemudi dan penumpang yang hadir. Para penumpang yang hendak menyeberang dari pelabuhan Sagulung ke pulau Buluh pulau Seraya, pulau Air dan, pulau lain sesuai permintaan penumpang tampak mengenakan life jacket seperti himbauan Riyanto.

Pada kesempatan tersebut, Riyanto dan jajarannya turut mengenakan Life jacket kepada para penumpang yang sebagian besar merupakan murid sekolah. Riyanto berharap, masyarakat yang menggunakan transportasi laut kapal pancung dapat selamat sampai tujuan. Kegiatan ini berlangsung dengan aman dan tertib.

Comments are closed.