Kanit Binmas Polsek Lubuk Baja Mendampingi tim  Operasi Bina Kesuma Seligi 2020  Polresta Barelang Kanit Binmas Polsek Lubuk Baja Mendampingi tim  Operasi Bina Kesuma Seligi 2020  Polresta Barelang
Polsek Lubuk Baja Melalui Kanit Binmas Iptu Karel H mendampingi  tim  Operasi Bina Kesuma Seligi 2020, dari Binmas Polresta Barelang dan Sat Binmas Polsek... Kanit Binmas Polsek Lubuk Baja Mendampingi tim  Operasi Bina Kesuma Seligi 2020  Polresta Barelang

Polsek Lubuk Baja Melalui Kanit Binmas Iptu Karel H mendampingi  tim  Operasi Bina Kesuma Seligi 2020, dari Binmas Polresta Barelang dan Sat Binmas Polsek Jajaran dalam rangka Harkamtibmas di kampung dalam RW.04 (depan rumah ketua RW.04) Kel. Baloi Indah Kota Batam .(09/07)

Adapun yang menjadi sasaran penyuluhan yaitu:

Kenakalan remaja, pelecehan seksual terhadap anak, kekerasan terhadap perempuan dan anak serta masalah TKI.

Kegiatan Operasi Bina Kesuma Seligi 2020 ini terlaksana  bekerjasama dengan ketua RW.04 Kp. Dalam Bpk. Prasetyo. Dimana ketua RW.04 Bpk. Prasetyo mempasilitasi tempat dan mengajak beberapa perwakilan warganya untuk dapat hadir berkumpul dan selanjutnya team (Nara sumber) dari Operasi Bina Kesuma memberikan penyuluhan, arahan dan bimbingan kepada masyarakat serta melakukan tanya jawab seputaran sasaran yang dimaksud terhadap warga (audience) yang hadir.

Selanjutnya Ipda. Waluyo selaku Kanit Bintibmas menyampaikan peran dan tanggungjawab sebagai orang tua sangat besar dan yang paling utama untuk melakukan pengawasan terhadap anak. Pihak Kepolisian melakukan kerjasama kepada orang tua agar lebih meningkatkan pengawasan terhadap anak-anak nya, seperti contoh; jika pergi keluar dari rumah agar ditanyakan tujuan atau keperluannya apa? Kemudian pulangnya jam berapa? Orang tua harus bisa membatasi ruang bermain anak disekitar lingkungan (mengatur waktu bermain anaknya), memberikan pendidikan (menyekolahkan), memberikan pendidikan keagamaan.

Pelanggaran atau perbuatan pidana (melawan hukum) dan proses peradilan terhadap anak bukanlah menjadi penyelesaian atas permasalahan yang terjadi, upaya prepentif (pencegahan), preventif (musyawarah mupakat) merupakan solusi terbaik terhadap kenakalan remaja. Masyarakat dalam menciptakan suasana Kamtibmas yang aman, tentram dan kondusif agar bekerjasama dengan perangkat warga yaitu RT dan RW serta dengan Bhabinkamtibmas.

Dalam era globalisasi, tekhnologi (media online) sebagai orang tua tidak boleh terlalu memberikan kebebasan penggunaan daripada handphone karena banyak sekali hal yang negatif atau yg tidak patut diketahui oleh seorang anak melalui media sosial/internet.

Yeldi