PEMOHON PEMBUATAN SKCK DI POLRESTA BARELANG MENINGKAT. 1 BERKAS CUMA 5 MENIT

BATAM – Pemohon pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polresta Barelang meningkat. Kenaikan jumlah pemohon ini dikarenakan dibukanya lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Kamis (14/11/2019).

Kaur Bin Ops (KBO) Sat Intelkam Polresta Barelang, Iptu Pramudi menyebut, kenaikan jumlah pemohon SKCK meningkat sejak tanggal Selasa (12/11/2019). Kenaikan mencapai hingga 33 persen dari hari biasanya.

“Hari biasa rata-rata 120 pemohon pembuatan SKCK. Sekarang meningkat sampai 180 pemohon. Itu sudah termasuk permohonan untuk pencari kerja dan kelengkapan berkas untuk mendaftar CPNS,” kata Pramudi saat ditemui di ruang kerjanya.

Kemungkinan jumlah pemohon akan terus meningkat hingga akhir ditutupnya pendaftaran CPNS nanti. Pun jumlah pemohon meningkat, namun Pramudi memastikan jumlah blangko cukup hingga akhir tahun. “Pembuatan SKCK itu cuma lima menit sudah jadi. Asal syarat-syaratnya lengkap,” jelasnya.

Pemohon pembuatan SKCK meningkat

Adapun syarat untuk pembuatan SKCK di Polresta Barelang yakni, dua lembar fotokopi KTP, dua lembar fotokopi KK, dua lembar fotokopi Akte atau ijazah terakhir, rekomendasi catatan kriminal dari Reskrim, foto hadap depan dengan latar merah ukuran 4X6 enam lembar, foto hadap kanan dan kiri satu lembar serta, surat domisili jika KTP pemohon bukan KTP batam.

“Sementara untuk perpanjangan SKCK, cukup melampirkan SKCK atau fotokopiannya dengan foto 4 X 6 lima lembar,” jelasnya.

Dari pantuan di lapangan, tampak seratusan pemohon datang untuk mengajukan pembuatan SKCK baru. Mereka menenteng map merah yang berisikan persyaratan pembuatan SKCK baru. “Cepat prosesnya. Sebentar saja sudah selesai,” kata Dian, salah seorang pemohon pembuatan SKCK.

Comments are closed.