Pencuri Gembos Ban Rp 500 Juta Keok di Tangan Tim Macan Barelang

Batam – Pengejaran yang dilakukan tim gabungan Macan Polresta Barelang bersama Jatanras Polda Kepri dan Polsek Batam Kota terhadap pelaku pencurian uang Rp 500 juta bermodus gembos ban akhirnya membuahkan hasil.

Saat ini, lima komplotan pelaku, berhasil diringkus. Mereka bernama Hatta, Danu, Deden, Erik Monica dan Ahmad Roni. Kasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Andri Kurniawan, mengatakan, para paku saat ini sudah diamankan di Mapolresta Barelang.

Beberapa pelaku juga langsung kabur keluar Batam setelah berhasil beraksi. Namun pengejaran yang dilakukan pihaknya juga mebuahkan hasil. “Dua pelaku kabur ke luar Batam, namun berhasil kita tangkap,” ujarnya.

Dijelaskan, salah satu pelaku, Danu, kabur ke Semarang, Jawa Tengah, sedangkan Hatta melarikan diri ke kampung halamannya, Palembang.

“Pengejaran juga kita lakukan ke Semarang dan Palembang dengan membagi tim. Awalnya Danu dibekuk di Semarang pada Kamis (21/6/2018). Kemudian Hatta turut dibekuk Sabtu (23/6/2018) malam,” jelasnya.

Sementara tiga pelaku lainnya, Deden, Erik Monika dan Ahmad Roni sudah lebih dulu ditangkap di Batam, pada Sabtu (16/6/2018).

Pencurian yang dilakukan pelaku menimpa seoarang pria bernama Shandi, salah satu nasabah Bank OCBC NISP Palm Spring. Akibatnya uang Rp500 juta yang akan digunakan untuk membayar gaji buruh bangunan Agung Pomoro berhasil dibawa kabur pelaku.

Informasi yang diperoleh, kejadian itu terjadi sekitar satu minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri, saat korban mengambil uang di Bank OCBC untuk gaji para buruh bangunan yang bekerja dalam proyek Agung Pomoro.

Saat mengambil uang tersebut, Shandi pergi bersama rekannya yang merupakan mandor para buruh bangunan tersebut. Sementara korban sendiri merupakan orang kepercayaan pemilik perusahaan Agung Podomoro yang sudah sering diperintahkan untuk mengambil uang.

Diduga, pelaku sudah mengikuti korban dari bank dan memberi semacam paku pada bagian ban mobil korban, dan akhirnya mobil berhenti di depan Jalan Dutamas karena kehabisan angin.

Saat korban keluar mobil dan fokus pada ban yang kempes, saat itulah pelaku yang mengendarai sepeda motor datang dan membuka pintu serta membawa kabur uang korban.

 

Comments are closed.