PENGUKUHAN DAI KAMTIBMAS POLRESTA BARELANG PENGUKUHAN DAI KAMTIBMAS POLRESTA BARELANG
Batam – Sebanyak 242 Da’i kamtibmas Polresta Barelang yang ada di 12 Kecamatan se Kota Batam, di kukuhkan! Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Polisi (Kombes)... PENGUKUHAN DAI KAMTIBMAS POLRESTA BARELANG

Batam – Sebanyak 242 Da’i kamtibmas Polresta Barelang yang ada di 12 Kecamatan se Kota Batam, di kukuhkan! Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Polisi (Kombes) Polisi Hengki S.I.K M.,kemarin pada hari Senin (4/2/2019) lantai 2 Aula Mapolresta Barelang.

Komisaris Besar Polisi (Kombes) Polisi Hengki S.I.K M., menyampaikan bahwa sebagai umat beragama tentu selalu bersyukur kepada tuhan yang maha kuasa dan ia sudah lama mendambakan Da’i kamtibmas di wilayah Polresta Barelang dan hari ini bisa terwujud.

“Bahwa Polri dalam strategi Polri pertama yaitu tahap pertama yaitu tahun 2004-2009 adalah membangun kepercayaan masyarakat itu sudah kita lalui terbukti bahwa Polri sekarang tingkat kepercayaan masyarakat menduduki posisi keempat dari Kementerian lembaga yang ada di seluruh Republik Indonesia, “kata Hengki, dalam kata sambutannya.

Ia juga mengatakan untuk Polri, yang namanya 2009-2014 adalah patnership building membangun kemitraan, sebenarnya sudah berlalu. namun ini tidak henti-hentinya Bagaimana Polri bisa bermitra Polresta Barelang bisa bermitra dengan seluruh komponen masyarakat.

“salah satu wujudnya adalah kita membangun membentuk mengukuhkan namanya Da’i kamtibmas, yang ketiga nanti yang Grand strategi Polri yang dijabarkan dalam reformasi birokrasi Polri adalah tahap ketiga Straight for excellent menuju kesempurnaan di dalam pelaksanaan tugas tentunya, “kata Hengki.

Lanjutnya Polri tidak bisa berbuat apa-apa, Polresta Barelang tidak bisa berbuat apa-apa tanpa dukungan masyarakat semua sesuai dengan tugas pokok fungsi peranan masing-masing, sesuai dengan amanah masing-masing.

Hengki, menambahkan bahwa kesemuanya tentu sudah diatur dengan perundang-undangan, dengan ajaran agama apa pun yang diakui oleh negara RI. sebagaimana tadi kelima perwakilan.

“Kenapa saya sebut Da’i Kamtibmas, tidak hanya mengajak umatnya kepada Jalan Kebenaran, dia menguasai tentang keagamaan, khususnya yang nantinya akan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada seluruh umat, “ucapnya.

Menurutnya Dai Kamtibmas itu, secara universal tugas pokoknya bukan saja menyampaikan pesan-pesan keagamaan,  Da’i Kamtibmas Polresta Barelang juga bermitra dengan Polresta Barelang Polsek jajaran Polresta Barelang.

Dalam menyampaikan mengajak masyarakat umatnya, seperti umat Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu Budha dan Konghucu Bagaimana bermitra dengan Polri menjaga situasi aman dan kondusif di kota Batam.

” Da’i Kamtibmas menjadi polisi bagi dirinya sendiri, paling tidak menyerap informasi-informasi yang berkembang melalui teknologi informasi berita-berita yang belum tentu kebenarannya Jangan mudah diprovokasi Jangan mudah diadu domba jangan mudah isu-isu yang belum pasti kebenarannya apalagi yang menyangkut isu Sara suku agama ras dan antar Golongan, “lanjut Hengki.

Hengki, Menghimbau supaya bisa mengawasi Putra-putri, agar tidak terlibat kepada penyalahgunaan narkoba yang akhir-akhir ini mulai memasuki kepada anak-anak, karena setiap hari pihaknya menangkap pelaku kejahatan narkoba dan baru ini pihaknya telah mengamankan 500 Gram.

“kita telah membentuk Kampung anti narkoba di Batu Aji, Saya berharap segera Kapolsek lain dapat menyusul membentuk Kampung anti narkoba yang ada di 12 kecamatan di kota Batam, “ujar Hengki.

Ia menyampaikan kepada seluruh Kapolsek dalam waktu bulan Maret ini, supaya bisa bentuk Kampung anti narkoba lainnya dan termasuk  sudah membentuk Kampung tertib lalu lintas di Sekupang.

“Kenapa bentuk Kampung tertib lalu lintas, karena tingkat kecelakaan lalu lintas kita berkurang, kesadaran kita tentang kecelakaan lalu lintas sangat tinggi di Kota Batam paling tidak 1 tahun 80 sampai 100 orang meninggal, “ucap Hengki.

Ia mengatakan dalam satu bulan yang meninggal dunia hampir 7 sampai 8 bahkan 10 orang, karena tidak tertib di dalam berlalu lintas tidak menggunakan helm, tidak mau tertib Antri. Di lampu merah menyerobot melawan arus.

Sat Binmas Polresta Barelang