Polresta Barelang menggelar apel dalam rangka Penanggulangan dan Evakuasi Korban Bencana Alam
Polresta Barelang menggelar apel dalam rangka Penanggulangan dan Evakuasi Korban Bencana Alam, Jumat, 23 November 2018. apel berlangsung dipimpin oleh Kapolresta Barleang Kombes Pol... Polresta Barelang menggelar apel dalam rangka Penanggulangan dan Evakuasi Korban Bencana Alam

https://youtu.be/ljUUdOwy7mk

Polresta Barelang menggelar apel dalam rangka Penanggulangan dan Evakuasi Korban Bencana Alam, Jumat, 23 November 2018. apel berlangsung dipimpin oleh Kapolresta Barleang Kombes Pol Hengki SIK MH di halaman Mako Polresta Barelang.

Melihat dari situasi geografis, geologis, dan demografis Kapolresta Barelang menyampaikan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya bencana diantaranya faktor alam, non alam, maupun faktor manusia yang menyebabkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan sehingga dapat menghambat pertumbuhan pembangunan.

Sesuai Amanat UU no 24 Tahun 2007 perlu dibentuk BPBD. Dengan adanya pembentukan itu, maka Daerah akan mendapatkan dana operasional , dari pusat. “Ini bentuk kepedulian Kita membatu Pemerintah, dalam upaya membentuk BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah),”kata Kapolresta Barelang.

Selaku Inspektur apel yang berlagsung Kapolresta Barelang menyampaikan pesan “dalam penanggulangan bencana di perlukan satu komando darurat yang cepat, tepat efektif, efisien, terpadu dan akuntabel agar dapat meminimalkan korban jiwa maupun harta benda”.

Apabila Kota Batam telah memiliki BPBD, tidak menutup kemungkinan akan ada bantuan sarana dan prasarana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Semoga hari ini merupakan tonggak awal dari persiapan dan kesipsiagaan dalam menanggulangi evakuasi korban bencana.

Dikarenakan daerah bencana alam dapat terjadi sewaktu – waktu, diharapkan semua unsur baik TNI, Polri, SAR dan elemen masyarakat lainnya, mesti waspada menghadapi potensi bencana. Peralatan dan personel harus siap siaga, dalam membantu masyarakat, terutama saat evakuasi dan penyelamatan korban.

Mudah saja tidak ada bencana alam yang melanda daerah Kota Batam ini ,” harapan Kapolresta Barelang.

POLRESTA BARELANG