Rapat Evaluasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2019

Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Batam telah berlangsung kegiatan Rapat Evaluasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2019 dan Sosialisasi Satgas Bansos terhadap Agen BPNT dan E – Warung yang diikuti +- 40 org.

Adapun rapat tersebut dibuka langsung oleh Kadis Sosial Kota Batam : HASYIMAH, M.M. yang dimana dalam penyampaian bahwa Kegiatan kita saat ini adalah sosialisasi dan pengenalan Satgas Bansos kepada agen BPNT dan e – Warung.

Diharapkan agar para agen BPNT dan e – Warung mengenal Satgas Bansos yg bertujuan agar dalam pelaksanaan penyaluran Bansos apabila terjadi permasalahan di lapangan dapat menghubungi Satgas Bansos untuk dilakukan pengamanan.

Banyak dilapangan agen BPNT dan e – Warung menjadi korban para penerima Bansos dikarenakan permasalahan2 seperti uang tidak masuk, ujarnya dalam rapat tersebut.

Perwakilan dari polresta Barelang yaitu Kasubsatgas I Pendataan Bansos IPTU Jamaludin Wijaya yang menjelaskan secara singkat mengenai satgas bansos yang dibentuk oleh pihak kepolisian, Kita dibentuk sebagai Satgas Bansos bertujuan untuk mendampingi Dinas Sosial dalam penyaluran Bansos sehingga dalam pelaksanaannya tepat sasaran.

Keberadaan Satgas Bansos ini bukan untuk menakut – nakuti petugas bansos melainkan membantu bapak/ibu sekalian dalam penyaluran bansos.

Iptu Rifi sebagai Kasubsatgas Media menjelaskan bahwa Lahirnya Satgas Bansos ini dimulai dari Nota Kesepahaman antara Kemensos RI dengan Polri Nomor : B/6/I/2009 Tanggal 11 Januari 2019 Tentang bantuan Pam dan Penegakan Hukum pada pelayanan penyaluran Bantuan Sosial.

Dalam pelaksanaannya diharapkan agar tidak ada terjadi tindak pidana baik penyalahgunaan data maupun penggelapan anggaran, Dalam pelaksanaan Satgas Bansos Kami tidak hanya mengawasi Bapak/ibu saja akan tetapi menerima keluhan dari Masyarakat.

Kami di Polresta Barelang membentuk Satgas Bansos yg terdiri dari 4 Satgas yaitu :

Satgas 1 yg bertugas untuk melakukan Pendataan dan Sosialisasi.

Satgas 2 yg bertugas sebagai Pengaman pada saat Penyaluran Bansos.

Satgas 3 bertugas untuk melakukan penegakkan Hukum / Penindakan apabila terjadi penyimpangan dalam penyaluran.

Satgas 4 bertugas melakukan penyampaian sosialisasi melalui media baik cetak maupun elektronik guna menyampaikan kepada masyarakat penyaluran bansos berjalan lancar dan aman.

Comments are closed.