Batam – Sat Binmas Polresta Barelang yang diwakili Iptu Waluyo selaku Kanit Bintibmas Sat Binmas Polresta Barelang melakukan giat penyuluhan Kamtibmas di SD Al...
Kanit Bintibmas Sat Binmas Polresta Barelang Iptu waluyo memberikan penyuluhan kepada siswa/siswi Sekolah Dasar

Batam – Sat Binmas Polresta Barelang yang diwakili Iptu Waluyo selaku Kanit Bintibmas Sat Binmas Polresta Barelang melakukan giat penyuluhan Kamtibmas di SD Al Kaffah Legenda Malaka, Kec Batam Kota, Kota Batam (Kamis, 19/12/2019).

Dalam penyampaianya tersebut Iptu Waluyo menjelaskan bahwa, peredaran narkoba yang ada di kota Batam saat ini menjadi perhatian bersama terutama dikalangan pelajar yang menjadi salah satu target peredaranya.

Iptu Waluyo memberikan penjelasan tentang Narkotika

Maraknya narkotika dan obat-obatan terlarang telah banyak mempengaruhi mental dan sekaligus pendidikan bagi para pelajar saat ini. Masa depan bangsa yang besar bergantung sepenuhnya pada upaya pembebasan kaum muda dari bahaya narkoba. Narkoba telah menyentuh lingkaran yang semakin dekat dengan kita semua. Teman dan saudara kita mulai terjerat oleh narkoba yang sering kali dapat mematikan. Sebagai makhluk Tuhan yang kian dewasa, seharusnya kita senantiasa berfikir jernih untuk menghadapi globalisasi teknologi dan globalisasi yang berdampak langsung pada keluarga dan remaja penerus bangsa. Kita harus memerangi kesia-siaan yang di akibatkan oleh narkoba.

Apakah Narkoba Itu? ujar Iptu Waluyo kepada para siswa/siswi,  narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain “narkoba”, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku.

Iptu Waluyo memberikan penjelasan sebab akibat penyalahgunaan narkoba

Penyebab penyalahgunaan narkoba diantaranya, kegagalan yang di alami dalam kehidupan, pergaulan yang bebas dan lingkungan yang kurang tepat, Kurangnya siraman agama dan keinginan untuk sekadar mencoba. Adapun akibat yang disebabkan penyalahgunaan narkoba diantaranya terganggunya kesehatan, gangguan di lingkungan masyarakat, gangguan prestasi di sekolah/kampus.

Sebagai langkah pencegahanya Iptu waluyo menjelaskan bahwa para siswa/siswi harus dapat membangkitkan kesadaran dalam beragama, menginformasikan hal-hal positif dan bermanfaat, selektif dalam memilih teman, selektif dalam memilih makanan dan minuman, menghindarkan diri dari lingkungan yang tidak tepat, membentuk kelompok-kelompok kecil yang saling mengingatkan, bila berhadapan dengan orang/teman yang mulai bersentuhan dengan narkoba, gunakan kasih sayang  untuk menariknya ke jalan hidup yang lebih sehat, mengetahui fakta-fakta tentang narkoba termasuk akibat-akibat yang di timbulkan oleh barang-barang haram tersebut.

foto bersam Kepala Sekolah SD Al Kaffah Saiful Nashri, S.T

Usai memberikan penyuluhan Kepala sekolah SD Al Kaffah mengucapkan terimakasih kepada Sat Binmas Polresta Barelang dan berharap perlunya diberikan penyuluhan-penyuluhan serupa di kalangan pelajar yang ada di Kota Batam sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan Narkotika yang ada di kalangan pelajar yang ada di Kota Batam.

Sat Binmas Polresta Barelang