Tim Macan Polsek Lubuk Baja Berhasil Mengamankan Pelaku Tipu gelap dengan Pura-pura Membeli Hp

Tim macan polsek Lubuk Baja (05/12) yang di pimpin oleh kanit reskrim  Iptu Haris Baltasar Nasution, S.T.K dan Panit 1 Reskrim Polsek Lubuk Baja Ipda Muhammad Hazaquan S.Tr.k  berhasil mengamankan 2  orang pelaku Penipuan atau penggelapan  inisial A als Wiceng dan H als Aciang  yang terjadi pada hari Sabtu tanggal 30 November 2019 sekira pukul 16.46 Wib, di Perumahan Happy Garden Blok F No. 37 Kec. Lubuk Baja Kota Batam.

Menurut keterangan korban pada hari Sabtu tanggal 30 November 2019 sekira pukul 15.00 Wib, Sdr. MELVIN (reseller) datang ke toko ada yang mau belanja dengan Sdr. MELVIN. Barang tersebut berupa 1 (satu) unit Handphone Jenis/Merk Iphone 8+ 256 Gb dengan No. IMEI : 356768082292808. Customer Sdr. MELVIN tersebut meminta COD (Cost On Delivery) di sekitaran Happy Garden. Selanjutnya korban menyerahkan 1 (satu) unit Handphone Jenis/Merk Iphone 8+ 256 Gb dengan No. IMEI : 356768082292808 kepada Sdr. MELVIN. Selanjutnya Sdr. MELVIN pergi meninggalkan counter dan sekira pukul 18.30 Wib, Sdr. MELVIN kembali lagi ke counter dan melaporkan kepada korban  bahwa customer yang membeli handphone tersebut telah melarikan diri dengan membawa handphone tersebut dan terhadap uang pembelian handphone tersebut belum dibayar.

Mendapat laporan tersebut Tim macan yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Lubuk Baja IPTU HARIS BALTASAR NASUTION., S.T.K dan Panit 1 Reskrim Polsek Lubuk Baja IPDA MUHAMMAD HAZAQUAN., S.Tr.K melakukan serangkaian tindakan penyelidikan berupa undercover, observation untuk mengetahui tentang modus operandi dan gambaran para pelaku. Selanjutnya pada hari Kamis tanggal 05 Desember 2019 sekira pukul 21.00 Wib, pada saat Tim macan melakukan mobiling di sekitaran Nagoya tiba-tiba melihat 1 (satu) orang laki-laki yang dicurigai baru saja turun dari ojek online di Daerah Hotel Utama. Selanjutnya Tim macan pun mencocokkan wajah pelaku yang sempat difoto oleh korban dan ternyata wajahnya cocok sama yang dikasih oleh korban. Pada saat Tim macan langsung melakukan penghadangan, terhadap pelaku tersebut berhasil diamankan walaupun  pelaku sempat melawan dan pada saat dilakukan interogasi di tempat bahwa pelaku mengaku bernama A Als WICENG dan mengakui serta membenarkan bahwa pelaku telah melakukan TP. Penipuan atau penggelapan Selanjutnya terhadap pelaku dilakukan pengembangan dan mendapatkan info bahwa ada 1 pelaku lainnya sedang berada di Kamar No. 220 Hotel Pagoda Nagoya. Kemudian atas pengembangan tersebut, selanjutnya Tim macan langsung bergerak ke Hotel Pagoda. Pada saat tiba di depan Kamar No. 220 Hotel Pagoda Nagoya, Tim macan berhasil mengamankan pelaku yang mengaku bernama H Als ACIANG dan setelah dipertemukan dengan pelaku lainnya (A Als WICENG) bahwa H Als ACIANG mengakui telah melakukan dugaan tindak pidana tersebut  Selanjutnya terhadap 2 (dua) orang pelaku tersebut dibawa ke Kantor Polsek Lubuk Baja untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Comments are closed.